5 Kuliner Khas Bangka Yang Patut Anda Coba

Kuliner bangka otak otak
Ayu Rental Bangka - Traveling kesuatu daerah atau destinasi wisata baru belum lengkap kalau tak mencicipi kuliner khas-nya. Berbagai daerah di negeri ini memang memiliki cita rasa kulinernya masing-masing. Begitupun dengan Bangka Belitung.

Daerah Bangka dikenal karena beberapa kuliner khasnya sudah sangat familiar ditelinga banyak orang. Sebut saja martabak Bangka. Siapa yang tak pernah mendengar martabak enak ini dikota besar seperti Jakarta misalnya.

Nah, bila anda berkesempatan untuk traveling ke pulau Bangka, beberapa kuliner khas daerah penghasil lada putih ini masih menyimpan banyak cita rasa lezat dari berbagai tempat dan patut anda cicipi.

Jadi bukan cuma martabak Bangka saja kok. Masih banyak lagi yang lain dan siap menggoyang lidah anda.

Beberapa kuliner khas Bangka yang paling mudah anda temukan dan nikmati bila berkunjung ke Bangka akan kami ulas dibawah ini. Jadi, lanjutkan terus baca ulasannya ya.

Oh ya, untuk menjajal dan menemukan berbagai kuliner khas Bangka, anda pasti butuh transportasi yang aman dan nyaman bukan?!. Jadi, sebelum traveling ke Bangka jangan lupa pesan sewa mobil murah di Bangka dulu ya.

Inilah 5 kuliner khas Bangka yang patut Anda coba :

1. Kopi Tungtau
Warung kopi Tungtau merupakan tempat terbaik yang wajib dikunjungi bagi anda yang doyan ngopi. Inilah warung kopi paling legendaris di Bangka yang dikelola oleh sebuah keluarga dari masa ke masa. Saat ini para pengelola tempat ini merupakan generasi ke 3 dari keluarga itu.

Bila dulu warung kopi Tungtau hanya bisa anda temui di kota Sungailiat Kab Bangka. Sekarang sudah ada beberapa cabangnya yang bisa anda kunjungi di Pangkalpinang, Bangka.

Meski sudah banyak permintaan untuk mewaralabakan bisnisnya, namun para pemilik Tungtau tetap keukeh bahwa bisnis warung kopi mereka adalah usaha keluarga.

Penikmat kopi Tungtau bukan cuma masyarakat biasa. Di Bangka warung kopi ini menjadi tempat yang seru dan selalu ramai, mulai dari pejabat hingga kalangan bisnis. Selain terkenal akan kopinya yang nikmat, warung kopi Tungtau juga menawarkan roti dengan rasa yang juga tak kalah nikmat.

2. Martabak Bangka
Martabak adalah hidangan populer di Indonesia yang terdiri dari dua jenis, manis dan gurih asin. Martabak bangka yang bercita rasa manis, dianggap oleh banyak orang sebagai salah satu martabak legendaris dan sudah melanglang buana ke seluruh Nusantara.

Martabak bangka dikenal juga sebagai terang bulan atau kue Pangkal pinang. Salah satu tempat terbaik untuk mencicipi kelezatan martabak ini adalah di Acau Martabak yang terletak di Jalan Walikota Syafie Rachman.

Di sini, melayani martabak bangka asli atau Hoklopan yang hanya menggunakan gula pasir dan toping wijen. Hidangan lainnya di Pangkalpinang adalah mie koba yang bercita rasa seafood kuat.

3. Mie Koba
Mie Koba adalah mie kuah yang disiram kaldu daging tenggiri dipadu daun seledri dan bawang goreng. Sesuai namanya, Mie Koba berasal dari Koba Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Namun, wisatawan lebih banyak mengunjungi warung mie di Pangkalpinang karena lokasinya lebih dekat dari Bandara Depati Amir Bangka. Sedangkan, di daerah asalnya, Koba, harus ditempuh selama satu jam dari bandara.

Kembali soal kelezatan Mie Koba, terletak pada keaslian bahan baku mie dan kuahnya. Mie terbuat dari gandum pilihan, rasanya kenyal dan tanpa bahan pengawet.

4. Lempah Kuning
Kuliner yang satu ini pokoknya Bangka banget. Hampir saban hari lempah kuning tak pernah absen dari meja makan masyarakat lokal di Bangka. Tidak selalu ikan. Terkadang dibeberapa kampung tradisional, sayuran pun dimasak a la lempah kuning.

Singkong lempah kuning, pisah lempah kuning, nanas lempah kuning dan lain-lain. Pokoknya lempah kuning memang sudah mendarah daging dikalangan masyarakat Bangka.

Lempah ini disebut Lempah Kuning karena kuahnya yang berwarna kuning. Makanan yang berbumbu dasar kunyit, lengkuas, cabai dan terasi ini merupakan menu yang cocok bagi mereka yang sangat menyukai makanan pedas. Namun tingkat kepedasan lempah ini dapat juga disesuaikan untuk lidah mereka yang tidak menyukai pedas.

Kelezatan Lempah Kuning juga diciptakan dari terasi. Bumbu ini merupakan bumbu dasar andalan untuk memasak lempah kuning karena bumbu ini merupakan penyedap rasa alami, terbuat dari olahan udang. Takaran terasi yang pas dapat membuat lempah kuning semakin menggiurkan untuk disantap.

Lempah Kuning semakin tahun semakin divariasikan. Bahan dasar utamanya dapat ditambahkan dengan parutan/irisan nanas, dapat juga ditambahkan dengan daun kedondong. Bahan tambahan ini dicampur untuk menciptakan rasa asam yang begitu segar dan nikmat. Perpaduan antara bahan tambahan seperti nanas/daun kedondong dengan cabai dapat menciptakan rasa asam pedas yang segar pada kuahnya.

5. Otak-otak Bangka
Meskipun makanan yang satu ini juga bisa anda temukan dikota lain di Indonesia, tapi kalau sudah ke Bangka anda tetap harus mencicipi otak-otak Bangka. Kenapa, karena otak-otak Bangka itu beda.

Ya,… otak otak khas Bangka memang beragam. Saat sore atau malam menjelang sambangilah Jalan Balai yang berada persis di belakang Alun-Alun Kota Pangkalpinang. Tempat ini saangat dikenal di kota Pangkalpinang, Anda bisa bertanya dengan siapa saja yang Anda temui jika masih bingung lokasi wisata kuliner ini. Nah, di lokasi ini Anda akan menemukan beranekaragam otakotak khas Bangka.

Buka hanya yang terbungkus dengan daun pisang dan dibakar saja, dilokasi ini juga tersedia otak-otak satai goreng, bujan, serta empiang. Uniknya otak otak disini juga dilengkapi dengan dengan aneka saus yang siap  menjadi cocolannya. Ada cocolan cuka terasi, cuka tauco, dan cuka serba pedas, yang dibuat secara manual.

pemakaian saus untuk cocolan inilah yang membuat otak-otak Bangka berbeda dengan yang lain. Jangan kaget loh, bagi warga Pangkalpinang sendiri otak-otak yang dibungkus daun pisang justru jarang disukai. Maklum saja masyarakat Bangka sudah terbiasa dengan sajian seafood, sehingga lebih memilih otak-otak siap konsumsi.

Wisata kuliner ga’ harus mahal. Beragam otak-otak khas Bangka di samping alun-alun kota Pangkalpinang bisa Anda nikmati dengan harga rata-rata Rp1.500 per buah untuk otak-otak rebus dan goreng. Sementara, otak-otak bakar cuma Rp. 2.000-3rb per butir.

Salah satu tips cerdas mudah dan nyaman untuk menikmati wisata kuliner di Bangka, anda bisa menggunakan jasa paket tour Bangka Belitung atau paket rental mobil Bangka dari kami