Objek Wisata di Bangka Paling Terkenal dan Menarik

Meski sejak dulu lebih dikenal sebagai daerah penghasil timah dan lada putih yang terkenal hingga ke berbagai penjuru dunia, Bangka bukannya tak punya daya tarik wisata.

Sebagai pulau kecil pulau Bangka dianugerahi garis pantai yang sangat menakjubkan. Tidak heran kalau didaerah ini terdapat banyak sekali pantai yang cantik dan mengagumkan.

Beberapa ciri khas dari pantai yang ada si Bangka adalah ombak yang tenang, air laut yang jernih, pasir putih seputih tepung dan lembut bak tepung terigu. Selain itu pantai-pantai di Bangka juga terkenal unik karena memiliki bebatuan granit yang exotis.

Bebatuan granit itu menjadi semakin unik karena dipulau ini tidak ada gunung berapi. Jadi hingga sekarang banyak wisatawan yang bertanya-tanya dari manakah batu-batu granit besar itu berasal.

Bukan hanya pantai, sejumlah objek wisata sejarah dan wisata religi juga ada disini. Jadi traveling ke Bangka akan terasa kurang puas bila anda hanya berkunjung 1 atau 2 hari saja.

Tempat Wisata di Bangka Yang Paling Terkenal
Nah, pada kesempatan ini setelah malang melintang menjelajahi dan menikmati berbagai objek wisata di Bangka, berikut kami sajikan untuk Anda sejumlah tempat wisata di Bangka paling hits dan patut Anda kunjungi bila berkunjung atau traveling ke Bangka.


1. Pantai Parai Tenggiri
Pantai Parai Tenggiri adalah pantai yang terletak di kawasan daerah Matras, Sungailiat, Bangka Belitung. Pantai ini sering dijadikan obyek wisata dan terkenal dengan batuan granit berbagai ukuran. Fasilitas yang tersedia antara lain hotel, outbound serta permainan olah raga air.

Kawasan Wisata Terpadu Pantai Parai Tenggiri di Sungailiat, Bangka ini, merupakan kawasan yang mempunyai fasilitas yang sangat lengkap, di antaranya Parai Regency Beach Resort & Spa, di mana pantai Parai Tenggiri merupakan pantai yang paling popular, dan ekslusif di Pulau Bangka. Pantai Parai Tenggiri memiliki ke-eksotisan tersendiri, pantainya landai berpasir putih. 

Ciri khas utamanya berupa bebatuan granit beragam bentuk dan ukuran dalam kondisi apa adanya. Bebatuan granit itulah yang membuat panoramanya berbeda dengan pantai lain.

2. Pantai Tanjung Pesona
Pantai Tanjung Pesona terletak di Desa Rambak, Kecamatan Sungailiat. Berjarak 9 km dari kota Sungailiat kabupaten Bangka. Pantai ini berada di tengah tempat antara Pantai Teluk Uber dan Pantai Tikus. Pantai ini mempunyai panorama laut lepas, di atas tanjung dengan susunan bebatuan besar nan eksotik. Pantai Tanjung Pesona telah dilengkapi berbagai fasilitas wisata, dengan klasifikasi hotel berbintang empat.

Pantai pesona memiliki pemandangan yang indah, apalagi saat melihat kearah laut. Air lautnya cukup tenang untuk berenang. Pantai Pesona menawarkan hembusan angin laut nan sejuk. Pepohonan besar yang terawatt baik dikawasan pesona membuat objek wisata Bangka yang satu ini menjadi destinasi wajib bagi wisatawan yang berlibut ke Bangka.

3. Pantai Pasir Padi
Pantai Pasir Padi terletak di kelurahan Air Itam, sekitar 8 km dari pusat kota Pangkalpinang, yang merupakan kawasan pariwisata potensial di kota Pangkalpinang. Pantai Pasir Padi memiliki garis pantai dengan hamparan pasir putih sepanjang 2 km. 

Salah satu keunikan Pantai Pasir Padi adalah struktur pantainya yang landai, kontur pasir yang padat sehingga pantai ini nyaman untuk dilalui dengan jalan kaki bahkan dapat dilalui oleh kendaraan bermotor baik roda dua, roda empat bahkan truk jenis tronton.

Pantai Pasir Padi merupakan objek wisata yang paling banyak dikunjungi masyarakat, terutama masyarakat Kota Pangkalpinang dan sekitarnya. Pada hari libur khususnya jumlah kunjungan wisatawan bahkan mencapai 6.000 orang per hari. 

Selain menikmati panorama alam pantai yang indah wisatawan juga bisa berenang, bermain layang-layang, voli pantai, sepakbola, perlombaan motor cross atau sekedar menikmati kesegaran es kelapa muda di tengah semilir angin pantai.

Saat ini di kawasan wisata Pantai Pasir Padi telah tersedia fasilitas pendukung seperti resor, restoran, tempat souvenir, arena bermain anak, arena outbound dan ketangkasan, serta permainan olahraga air. Selain itu, di sepanjang pantai terdapat rumah makan yang menyediakan makanan laut seperti ikan, kepiting, cumi, kerang-kerangan dan lain-lain dengan harga yang relatif murah.

Guna pengembangan kota dan kepariwisataan, kawasan Pantai Pasir Padi direncanakan akan dibangun megaproyek Pasir Padi Waterfront City atau kota baru di atas air terbesar se-Asia Tenggara.

4. Pantai Tongachi
Pantai Tongaci berada di Kampung Pasir, Sungailiat, Kabupaten Bangka, sekitar 3 kilometer dari Jalan Raya Sungailiat – Belinyu menuju ke Kawasan Wisata Matras. Pantai ini merupakan sebuah marina dan kawasan rekreasi serta penangkaran penyu.

Pantai Tongaci lebih dikenal sebagai tempat penangkaran penyu. Di pantai ini, terdapat sebuah kolam berisi penyu-penyu hijau (Chelonia Midas) dan Penyu Sisik (Eretmochelys Imbricata), bak-bak untuk menampung tukik-tukik, serta area penangkaran di dalam marina.

Konservasi penyu ini dijalankan oleh Yayasan Tukik Babel yang sebelumnya melakukan penangkaran di Pantai Batavia. Pada jam-jam tertentu, pengunjung dapat mendengar bel tanda makan bagi penyu dan menyaksikan penyu-penyu tersebut diberi makan oleh para petugas.

Di kawasan Pantai Tongaci, pengunjung dapat berenang, bermain dan menikmati pemandangan pantai. Di sini pengunjung juga dapat menikmati beberapa fasilitas kesehatan, rekreasi dan olah raga air. Pantai ini dibuka untuk umum mulai pukul 08.00 sampai dengan 18.00 WIB. Meskipun demikian, pada malam hari, restaurant/ beach bar yang menyediakan menu fine dining dan juga menampilkan pengrajin-pengrajin bekerja membuat produk-produk tradisional yang juga dijual.

5. Pantai Tikus
Pantai Tikus merupakan sebuah pantai yang masih terhitung alami dan menawan. Terdapat beragam versi nama pantai ini, antara lain seperti Pantai Vihara, Pantai Cinta, Pantai Akasia dan banyak lagi lainnya.

Di Pantai Tikus anda bisa menemukan banyak sekali batuan granit berukuran besar yang berada di sekitaran pantai, tebing terjal yang masih alami serta air jenih kebiruan menjadi penanda jika lokasi satu ini masih terhitung alami dan luar biasa indahnya. Selain dari bibir pantai anda juga bisa mengamati keindahan alam sekitar Pantai Tikus ini dari sebuah Vihara atau kuil yang bertada di dekat pantai tersebut.

Keberadan vihara megah di dekat pantai ini tentunya menjadi daya tarik lain bagi anda yang berkunjung ke Pantai elok satu ini, sebab perpaduan uniknya bangunan Vihara yang cukup megah dan besar, disandingkan dengan pesona pantai biru super menawan di bawahnya.

Pada bagian tepinya ada susunan tebing batu menawan yang menjadi pelngkap keindahan alam Pantai Tikus, selain itu lokasinya yang berada diapit oleh 2 buah pantai lainnya seakan membuat pantai ini semakin lebih indah dan berwarna. Banyak sekali jalan setapak atau jalan tikus yang menajdi muasal nama pantai ini, menurut sejarah sendiri dahulu pantai ini digunakan oleh para penambang timah gelap untuk kemudian membawa timah hasil tambangnya ke bagian tepi pantai.

6. Pantai Penyusuk
Berbeda dengan pantai Romodong, pantai Penyusuk para pengunjung yang bersantai bahakan terlihat beberapa penggemar fotografi yang mengabadikan keindahan dan pesona alam yang ada. Tampak beberapa warung kecil yang memudahkan pengunjung untuk mendapatkan makanan dan minuman sambil bersantai menikmati segarnya pemandangan pantai. 

Dari sini terlihat beberapa pulau-pulau kecil yang dapat disebrangi dengan menggunakan perahu nelayan, biasanya  dengan biaya Rp. 10.000,-/orang sekali jalan. Uniknya tak jauh dari pesisir pantai beberapa penduduk menanam semangka dan berkebun untuk kebutuhan sehari-hari.

Memasuki kawasan pantai penusuk dari kejauhan sudah terlihat hamparan birunya laut, diantara pohon kelapa dan ilalang yang tumbuh liar di lapangan landai yang memisahkan antara badan jalan dengan Pantai Penusuk. 

Setelah melewati jalan yang menurun, terlihatlah pesona indah Pantai Penusuk yang di dominasi Tumpukan batu granit dikanan kirinya sehingga membentuk sebuah ceruk  berpadu dengan hijaunya perpohonan pesisir pantai yang tumbuh diantara sela-sela bebatuan granit.

7. Pantai Romodong
Pantai adalah surge wisata Bangka. Namun begitu karakter pantai-pantai yang ada di pulau timah ini punya ciri, keunikan dan keindahan masing-masing. Pantai Romodong, misalnya. Dua batu granit setinggi 10m yang mengapit jalan masuk munuju Pantai Romodong bak gapura untuk masuk kepantai ini.

Pantai Romodong berpasir putih, dibeberapa sudut tedapat bebatuan granit yang menyembul di atas permukaan laut.

8. Pantai Tikus Emas
Obyek wisata Pantai Tikus Emas, Bangka kini menjadi favorit untuk berekreasi.
Pantai yang berada di pesisir timur tepatnya di Kabupaten Bangka (Sungailiat) ini telah dikembangkan menjadi sebuah obyek wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi. Jarak tempuh menuju lokasi pantai ini sekitar satu jam saja.

Bagi wisatawan yang berangkat dari Kota Pangkalpinang bisa melewati jalan lintas timur Bangka. Suasana jalanannya sangat lengang sehingga kita bisa menikmati perjalanan dengan nyaman.

Untuk masuk ke lokasi pengunjung cukup membayar tiket masuk. Sesaat masuk ke lokasi, kita bisa melihat sebuah patung tikus emas berukuran besar. 

Ombak Pantai Tikus Emas sangat cocok bagi penyuka watersport dengan arus ombaknya yang menantang. Namun bagi wisatawan yang ingin berenang, berhati-hati karena pada musim sekarang ketinggian ombak mencapai 1,5 meter.

Rekreasi bersama keluarga memang sangat menyenangkan di Pantai Tikus Emas.
Pengelola sudah menyiapkan penyewaan tenda lengkap dengan meja dan kursi.
Anak-anak yang piknik di sini juga dijamin tidak akan bosan lantaran mereka bisa menikmati sarana bermain anak. Sebut saja kereta api, rumah mandi bola, dan berkuda.

Bagaimana Cara Mengunjungi dan menikmati tempat wisata populer di Bangka
Ada beberapa alternatif yang bisa anda pilih untuk mengunjungi objwk wisata terbaik di Bangka. Pertama anda bisa menghubungi sahabat atau sodara di Bangka dan minta mereka mengantarkan Anda. Kedua, anda bisa menggunakan jasa sewa mobil murah di Bangka lepas kunci atau lengkap dengan supir dan bbm
Ketiga, anda cukup memesan paket wisata Bangka baik melalui kami ataupun tour operator Bangka Belitung. Dengan layanan paket wisata anda hanya tinggal duduk manis dan menikmati liburan mengesankan.